Manfaat dan Resiko Penggunaan PBN untuk SEO

Manfaat dan Resiko Penggunaan PBN untuk SEO

Manfaat dan Resiko Penggunaan PBN untuk SEO

Banyak praktisi SEO memanfaatkan PBN untuk SEO karena memandang PBN sebagai salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan backlink. Tidak heran jika PBN menjadi salah satu cara SEO yang banyak digunakan. Meskipun sebenarnya cara ini melanggar panduan google.

Google pernah mengkonfirmasi kalau backlink merupakan satu dari tiga faktor paling penting yang digunakan Google dalam menentukan ranking. Dua lainnya adalah kualitas konten dan RankBrain.

Menyadari kalau backlink merupakan faktor SEO yang sangat penting. Membuat praktisi SEO bekerja keras untuk mendapatkannya. tapi mendapatkan backlink yang berkualitas sehingga efektif meningkatkan ranking bukan hal yang mudah. Backlink yang ampuh harus sejalan dengan panduan Google.

Karena itu banyak praktisi SEO memilih untuk menggunakan teknik yang bertentangan dengan panduan Google untuk mengumpulkan backlink yaitu Private Blog Network yang oleh para praktisi SEO Indonesia lebih sering disebut PBN.

Apa itu PBN ?

PBN adalah sekumpulan website yang sengaja dibuat untuk menjadi sumber backlink bagi website tertentu yang biasanya merupakan website komersial yang rankingnya ingin ditingkatkan.

Keuntungan dari penggunaan PBN adalah kendali penuh yang kita miliki pada sumber backlink, sesuatu yang tidak kita dapatkan dengan teknik link building lain. Karena dengan PBN, website-website yang menjadi sumber backlink adalah milik kita sendiri.

Cara Mengamankan PBN

Google terus menerus mengembangkan algoritmannya untuk dapat mengidentifikasi mana backlink yang berasal dari website yang bagus dan mana yang berasal dari pratket Black Hat SEO seperti PBN.

Mereka yang menggunakan PBN untuk SEO menggunakan berbagai cara untuk menyembunyikan jejaknya agar tidak terlacak oleh Google. Pada dasarnya teknik yang biasa digunakan adalah membuat agar website sumber backlink dan website tujuan link tidak nampak dimiliki oleh orang yang sama.

Ada beberapa upaya yang bisa anda gunakan untuk mengamankan PBN anda seperti

  1. Website PBN menggunakan penyedia hosting yang berbeda-beda
  2. Setiap domain PBN didaftarkan melalui registar yang berbeda juga
  3. Menggunakan extendion domain yang tidak sama
  4. Usahakan menggunakan Template yang berbeda untu masing-masing PBN
  5. Profil dari setiap web dibuat berbeda.
  6. Selain backlink ke web utama, tanamkan link juga ke website lainya.

Resiko menerapkan PBN kedalam SEO

kalau namanya pelanggaran, jika tetap dilakukan pasti ada resiko dan akibatnya. Google sudah jelas menegaskan bahwa Praktik PBN dilarang, namun jika anda ingin menggunakan PBN maka pahamilah resikonya

  1. Backlinks diabaikan Google
  2. Website bisa kehilangan ranking
  3. Sulit pulih dari Manual Action

Setelah mengetahui akibat yang bisa ditimbulkan dari penggunaan PBN mengapa masih banyak pratiksi SEO yang masih saja mau menggunakan PBN ?

1. Karena Link Building rumit dan belum tentu berhasil

Backlink yang bagus didapat sebagai penghargaan terhadap konten berkualitas dan menarik. Membuat konten berkualitas dan menarik itu bukan hal yang mudah. Meskipun kita sudah membuat konten yang yang berkualitas, apakah akan langsung mendapatkan backlink ?

Kita harus membuat banyak orang menemukannya. mereka yang sudah menemukannya mau membaca, melihat, atau menontonnya. setelahnya belum tentu mereka mau memberikan backlink. Bisa jadi malah copas, menjiplak, atau menirunya. nah, dengan menggunakan PBN bisa menghilangkan semua proses merepotkan tersebut.

2. Backlink kita yang mengaturnya sendiri

Ada sejumlah aspek backlink yang bisa kita atur sendiri jika menggunakan PBN untuk link building. Sementara kalau kita mencari backlink dengan cara yang normal, aspek itu diatur oleh webmaster mereka.

Salah satu poin penting yang turut menentukan kualitas backlink adalah anchor text. Jika kita menggunakan teknik link building yang sesuai panduan Google, kemungkinan besar mereka menggunakan anchor text yang tidak ada hubungannya dengan keyword yang kita sasar. Sementara kalau kita menggunakan PBN, kita bisa bebas mengatur sesuai keinginan.

Bagimana? Apakah anda sudah paham manfaat dan resiko dari menggunakan PBN > Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih dan tetap belajar SEO ya guys!!

Baca juga : Pengaruh Backlink terhadap peringkat website di pencarian Google

Comments are closed.