Cara Menaikan Traffic Dalam Sebuah Website

Cara Menaikan Traffic Dalam Sebuah Website

cara meningkatkan traffic website

Bagaimana jika anda sudah memilki website yang bagus, nama domain yang unik, serta desain layout yang menarik, dan konten yang berkualitas. Tetapi tidak yang berkunjung. Tentunya, anda akan merasa sedih dan kecewa, karena waktu anda yang berharga untuk menyempurnakan website anda menjadi terbuang sia-sia.

Nah, jika anda mengalami hal serupa. Pastikan anda membaca artikel ini hingga selesai karena pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tuntas bagaimana cara menaikan traffic dalam sebuah website.

Ada 2 jenis Tipe Traffic

Sebelumnya, anda perlu mengetahui jenis-jenis traffic yang ada supaya anda mempunyai gambaran tentang langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan traffic website anda.

Dalam SEO terdapat 2 jenis traffic yaitu traffic organic dan traffic berbayar. Traffic Organic adalah pengunjung situs yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dan sebaginya. Sedangkan Traffic berbayar adalah mereka yang mengunjungi situs anda melalui iklan seperti Google ads atau Facebook Ads.

Cara Menaikan Traffic website

Website Anda tidak harus menderita karena kurangnya traffic. Mari duduk manis, jelajahi pedoman di bawah ini dan pelajari cara mengarahkan traffic ke website Anda.

Berikut cara meningkatkan traffic website Anda:

1. Maksimalkan SEO Website

SEO digunakan bila digunakan dengan baik, bisa meningkatkan ranking website anda. Semakin mudah situs anda untuk ditemukan orang lain semakin banyak pengunjung yang datang sehingga traffic website anda juga akan naik.

Sederhananya cara menaikan SEO adalah dengan melakukan riset kata kunci untuk konten yang anda buat. Setelah menentukan kata kunci, lakukan optimasi SEO on Page dan SEO off page.

2. Kampanye Email Marketing

Walaupun SEO adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan ranking pencarian di Google. namun, anda juga harus memastikan bahwa mereka akan kembali berkunjung ke website anda.

Salah satu caranya adalah dengan lalukan kampanye Email Marketing, sehingga orang-orang akan teringat dan semakin loyal untuk kembali berkunjung ke website anda.

3. Manfaatkan Media Social

Media sosial bisa dibilang sebagai tool yang ampuh untuk mengarahkan traffic ke website anda. Jika dapat memanfaatkan Social Media untuk bisnis secara efektif. Maka website anda bisa dengan cepat kebanjiran pengunjung.

Tips untuk mempromosikan kontent anda di media social seperti dengan menambahkan elemen visual, gunakan hashtag, dan pilih situs yang tepat. Misalnya target ada untuk kalangan remaja gunakanlah media social seperti Instagram atau Tiktok karena mayoritas penggunanya adalah anak-anak remaja.

4. Bikin Konten Bermutu

Konten dari suatu website atau situs bisa diibaratkan sebagai jantung. yang memiliki peran penting untuk menarik penggunjung. jika website anda berada di peringkat pertama pencarian google, jika konten yang disediakan tidak menarik untuk diikuti maka tetap tidak akan banyak pengunjung sehingga traffic website anda tidak akan kemana-mana.

5. Gunakan Link Internal

Link internal juga berguna dalam mengurangi inbounce rate pada situs anda. Fungsi Internal Link adalah untuk menautkan link dari halaman ke halaman lainnya dalam satu website. Hal ini juga akan mempermudah pengunjung situs anda untuk menavigasikan situs sehingga betah berlama-lama di website anda.

6. Buat Situs yang Mobile Friendlly

Fakta menunjukan bahwa 52% dari traffic website berasal dari mobile. Artinya kebanyakan penggunaan internet melakukan pencarian dari ponsel mereka. Jika konten anda mobile friendly pastinya orang-orang akan lebih senang berkunjung ke website anda dibandingkan website lain yang tidak.

7. Tingkatkan Kecepatan Website

Google sebagai mesin pencari paling populer di dunia tentunya ingin memberikan pengalaman dan pelayanan yang bagus untuk semua usernya. salah satu aspek yang diperhatikan adalah kecepatan situs. Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan menggunakan CDN ( Content Delivery Network )

Sebagian besar penyedia CDN berbayar tetapi anda bisa menggunakan versi gratisnya dengan Clouldflare. Anda hanya cukup menambahkan nama domain anda ke Cloudflare dan memperbarui nama server anda.

itulah dia beberapa cara untuk meningkatkan traffic ke website anda. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa anda gunakan. namun karena jika dibahas semuanya akan sangat panjang, maka kita hanya menjelskan cara yang paling sering digunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi teman-teman semuanya. Terima kasih dan tetap semangat belajar ya guys!!

Baca juga : Cari tahu apa itu Private Blog Network dalam SEO

Comments are closed.