Cara Jitu Optimalisasi Kecepatan sebuah Website

Cara Jitu Optimalisasi Kecepatan sebuah Website

.Cara Jitu Optimalisasi Kecepatan sebuah Website

Pernah mendengar istilah Time is Money ? yup, istilah itu ternyata juga berlaku di bisnis online. Semakin cepat loading situs anda, semakin banyak juga orang yang senang berkunjung ke situs anda.

Apa artikel kali ini kita akan membahas pengaruh dari kecepatan website terhadap perfoma dari website itu sendiri, penyebab website menjadi pelan, dan cara untuk meningkatkan kecepatan website.

Apa itu kecepatan website ?

Kecepatan website adalah waktu yang diperlukan sebuah halaman web untuk memuat konten di web browser. Halaman ini lah yang akan dilihat oleh pengunjung website anda.

Terdapat 3 tahap yang terjadi ketika laoding website yaitu

  1. Pengiriman file-file halaman website yang diakses dari server ke web browser
  2. Proses web browser merespon pengiriman file tersebut.
  3. Proses mengolah dan memuat halaman website di web browser.

5 Alasan yang menyebabkan website menjadi Lambat

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa memperngaruhi kecepatan dari sebuah website, namun ada 5 faktor yang cukup sering menyebabkan website menjadi lambat yaitu :

  1. Menggunakan server web hosting yang buruk
  2. Memakai tema yang berat
  3. Mengistall terlalu banyak plugin
  4. Memasang terlalu banyak iklan
  5. Ukuran database terlalu besar

Bagaimana cara mengecek kecepatan website

Saat ini telah banyak tool yang tersebar di Internet yang bisa anda gunakan untuk mengecek kecepatan dari sebuah website secara gratis. Salah satu tool yang paling sering digunakan adalah Pingdom.

Cara menggunakna tool ini sangat gampang. Pada halaman utama Pingdom, terdapat 2 kolom, ketikan Url website anda dan masukan lokasi tes kecepatan. Jika sudah makan tekan tombol start.

Cara mempercepat loading website

Tergantung pada hasil tes kecepatan loading website, anda tidak perlu melakukan optimasi semua aspek yang akan disebutkan dibawah ini.

1. Optimasi Gambar

Cara yang pertama adalah dengan mengoptimalkan gambar. Anda boleh saja memasukan banyak gambar dalam konten anda. Lagi pula konten bergambar lebih menarik untuk dibaca. Hanya saja, perlu anda optimalkan setiap file gambar terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan file berformat JPEG.

2. Aktifkan Gzip Compression

Merupakan cara untuk mengkompres ukuran file-file website seperti seperti CSS, HTML, Javascript, dan XML. Cara untuk mengaktifkan Gzip Compression yaitu akses cPanel kemudian file manager cPanel. cPanel merupakan panel kontrol atas server web hosting yang anda gunakan.

3. Aktifkan Caching

Caching merupakan proses menyimpan data halaman website secara sementara di browser. Dengan Cache browser tidak perlu minta data dari halaman yang diakses berulang kali, kecuali cache dihapus. Cara untuk aktifkan caching bisa menggunakan plugin LiteSpeed Cache.

4. Hapus Plugin yang tidak digunakan

Salah satu cara mempercepat loading website adalah dengan menghapus plugin yang sudah tidak digunakan. Semakin banyak pluggin yang terpasang maka semakin banyak pula data yang harus diproses oleh halaman web sehingga kecepatan situs anda juga ikut berkurang.

5. Terapkan Embed untuk video

Alih-alih langsung mengupload video ke website. Anda bisa menggunakan embed video untuk menampilkan video dari platorm seperti youtube dan Vimeo. Cara ini jauh lebih praktis dan tidak membebani bandwith website anda.

6. Gunakan CDN

CDN atau Content Delivery Network merupakan jaringan server yang terletak di berbagai negara. Fungsinya adalah untuk mengirimkan konten konten di website ke browser pengunjung dari server terdekat. Dengan CDN, beban server website akan berkurang dari loading juga jadi semakin cepat.

7. Update WordPress

Penyebab lain website menjadi lambat adalah karena tidak memperhatikan versi WordPress. Setiap update dari CMS ini memberikan perbaikan perfoma oleh sebab itu sering-sering update WordPress sehingga kecepatan situs anda juga bisa ikut meningkat.

Sekian dulu artikel mengenai cara meningkatkan kecepatan website. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih dan tetap semangat belajar SEO ya guys!!

Baca juga : Tutorial Belajar SEO bagi Pemula

Comments are closed.