Bedanya Organic Search Dan Paid Search

Perbedaan Antara Organic Search Dan Paid Search

Organic search vs Paid search

Jika ingin memahami apa itu Organic Search dan Paid Search, maka anda terlebih dahulu harus tahu dulu apa itu Search Engine. Berbicara soal mesin pencari di Internet, kemungkinan besar yang terpikirkan oleh anda adalah google. Hal ini sebetulnya wajar karena Google adalah search engine yang digunakan mayoritas orang.

Dalam praktisi SEO, ada 2 istilah yang cukup sering digunakan yaitu organic search dan paid search. lalu apa bedanya diantara keduanya, Supaya anda tidak bingung mari kita mulai pembahasannya mengenai perbedaan Organic search dengan pais search.

Apa itu Organic Search ?

SEO ( Search Enginen Optimization ) bisa dikatakan sebagai Organic search yaitu teknik menempatkan website pada Search Engine Result Page ( SERP ) dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci.

Setelah anda menemukan kata kunci yang tepat. Anda sudah bisa mulai menjalanakan strategi On Page dan Off Page SEO. Keunggulan dari Organic Search adalah sebagai berikut

1. Bisa di Percaya

Ketika menjalankan strategi SEO, terdapat kemungkinan bahwa website anda bisa di berada di peringkat satu halaman pencarian google. Tentu hal ini membuat webiste lebih bisa dipercaya. Umumnya pengunjung akan lebih percaya pada website yang teratas.

2. Bebas Biaya

Dengan memaksimalkan kinerja SEO, sama sekali tidak ada biaya yang anda keluarkan. karena anda hanya fokus memanfaatkan kata kunci untuk membuat website anda berada di puncak pencarian sehingga situs anda juga akan semakin dikenal.

3. Inbound Marketing

Dalam Inbound Marketing, akan berfokus pada pengembangan konten website. Hal ini juga sangat penting untuk menarik pengunjung dan meningkatkan traffic. Ketika traffic tinggi anda akan mendapatkan peringkat yang bagus di halaman pencarian google.

Apa itu Paid Search ?

Paid Search atau Search Engine Marketing ( SEM ) dimaksudkan dengan sebuah pencarian berbayar yang ditampilkan secara langsung ketika pengguna melakukan pencarian yang berisi kata kunci tertentu. Kata kunci yang didapat berdasarkan hasil survey yang relevan dengan produk/jasa yagn ditawarkan.

Jadi apa keuntungannya menggunakan SEM atau Paid Search ?

1. Hemat waktu dalam analisais kata kunci

Berbedan dengan organic search yang banyak memakan waktu untuk riset kata kunci dan link building. Paid search relatif cepat sehingga iklan atau website anda bisa langsung muncul dihalaman pertama google dan bertanda Ad.

2. Dapat ditargetkan

Pernargetkan SEM ini dapat disesuaikan utnuk target yang lebih spesifik. Misalnya, target berdasarkan lokasi geografis, usia, gender, pendapatan, tingkat pendidikan dll.

3. Menaikan Brand Awareness

Menjadi pencarian pertama secara langsung juga akan meningkatkan barand awareness bisnis dimata customer. Dengan kata kunci yang tepat maka brand anda akan terlihat terlebih dahulu, sehingga pengunjung akan mengenal brand anda terlebih dahulu dengan jenis pencarian yang sama.

Itu dia perbedaan antara Organic Search dan Paid Search. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi teman-teman semuanya. Terima kasih dan Tetap semangat dalam belajar SEO ya guys!!

Baca juga : 5 Tools Gratis Untuk Pemula Belajar SEO

Comments are closed.