5 Tools Gratis Untuk Pemula Belajar SEO

5 Tools Gratis Pemula Belajar SEO

Tools gratis belajar SEO

Belajar SEO ( Search Engine Optimization ) memang susah susah gampang. Namun, jika ada kemauan pasti ada jalannya. Konsep dari SEO itu sebenarnya mudah dimengerti yaitu bagaimana caranya kita mengoptimalkan kinerja website kita sehingga bisa berada di peringkat teratas pada halaman pencarian google.

Dalam penerapannya, SEO bisa sedikit rumit bagi Pemula yang baru belajar SEO. Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena google juga menyediakan beberapa tools gratis. Berikut ini adalah 5 Tools gratis yang bisa anda coba untuk menerapkan SEO.

1. Google Trends

Google Trends bisa membantu anda untuk melakukan riset kata kunci populer dan topik yang sedang banyak dicari. Hebatnya, kata kunci populernya bisa dilihat perhari, bahkan rangkuman selama setahun juga ada.

Selain itu, anda bisa mengecek apakah judul kontent anda termasuk populer atau tidak. Google trends juga memungkinkan anda untuk menbandingakan kepopuleran antara dua kata kunci.

2. Google Analytics

Google Analyctics merupakan tool yang digunakan untuk menganalisis kinerja website seperti pengunjung website, cara pengunjung mengakses website, halaman website dan aktivitas lainya didalam website.

Fitur-fitur yang disediakan juga sangat user friendly dan sangat membantu untuk dapat insight konten yang paling populer, apakah strategi promosi website sudah bagus atau belum, dan masih banyak lagi.

3. Yoast SEO Plugin

kalau yang satu ini adalah tools yang memberikan rekomendasi SEO dalam konten website anda. Yoast SEO Plugin lebih fokus pada On Page SEO yaitu mengoptimalakn SEO dari dalam website.

Untuk versi gratisnya, ada 2 fitur penting yaitu analisis poin SEO dan analisa keterbacaan artikel yang dibuat. Jika anda ingin menggunakan tool ini, maka anda harus install plugginnya dalam wordpress.

4. Ahrefs Keyword Generator

Seperti namanya tool ini membantu anda dalam melakukan riset keyword yang sedang populer atau sedang trend. Ahrefs menampilkan lebih lengkap rekomendasi judul dari satu kata kunci populer.

Ahrefs sebenarnya memberikan banyak fitur untuk SEO, namun jika anda hanya menggunakan versi gratsinya. satu-satunya fitur yang bisa digunakan hanya riset kata kunci. Meski begitu, ini masih cukup membantu.

5. Plagiarism Checker

Sebenarnya SEO merupakan suatu upaya bagaimana membuat pengguna internet untuk mengunjungi website. Misalnya banyak yang melakukan copy paste kontel artikel maka tentu saja orang jadi malas membaca dan efeknya adalah menurunkan kredibilitas website. Jadi seandainya artikel anda terdeteksi sebagai plagiat maka anda perlu membuat artikel dengan cara yang berbeda.

nah, itu dia 5 tools gratis yang bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam belajar SEO lebih efektif. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat buat teman-teman. Terima kasih dan tetap semangat belajar SEO ya Guys!!

Baca juga : 14 Istilah SEO Penting Yang Wajib Pemula Tahu

Comments are closed.