Belajar Analisis Kata Kunci Bagi Pemula

Belajar Analisis Kata Kunci Bagi Pemula

Belajar Analisis Kata Kunci Bagi Pemula

Apa itu Riset keyword ?

Riset keyword adalah proses mencari kata kunci yang digunakan orang-orang ketika mencari sesuatu di Internet menggunakan search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Pentingnya Riset Kata Kunci

Riset kata kunci sangat penting sekali di SEO. Bayangkan saja jika anda membuat konten yang bagus namun tidak ada yang bekunjung karena kata kunci anda tidak dicari oleh orang-orang. Namun, jika kata kunci yang anda incar banyak pencarinya maka otomatis website anda yang relevan dengan kata kunci tersebut akan ramai pengunjung.

Cara Mencari Kata Kunci

1. Tentukan Topik

Topik yang anda pilih harus sesuai dengan bidang yang anda kuasai. Sehingga anda bisa bersaing pada halaman pertama mesin pencari seperti google. topik yang anda tentukan bukan kata kunci melainkan pintu masuk supaya anda bisa menggali kata kunci yang potensial

2. Prediksi Pertanyaan User

Contohnya anda memilih topik SEO

Langkah selanjutnya adalah kita coba menerka seperti apa pertayaan yang akan dituliskan oleh user di google.

Pertanyaan yang mungkin keluar bisa saja seperti

  • Belajar SEO
  • Apa itu SEO
  • SEO untuk pemula
  • Manfaat SEO
  • Tips SEO
  • Panduan SEO
  • dll
3. Manfaatkan Saran dari Google

Merupakan bagian tersulit dan memakan waktu yaitu lakukan analisis. Google memiliki fitur auto complete, ketika kita menulis beberapa kata mereka akan memberikan saran berdasarkan kta kunci yang sering dicari.

Google Search

4. Cari Topik terkait di “Penelusuran terkait” di Google

Selain dari saran pencarian di Google, anda juga bisa memanfaatkan kotak “penelusuran terkait” di bagian bawah halaman pencarian. Dari sini anda juga bisa cari tahu kata kunci apa saja yang juga sering dicari oleh user.

Google Penelusuran terkait

5. Tentukan Kompetitor

Kalau anda masih bingung menentukan kata kunci, anda juga bisa menggunakan jalan pintas yaitu meniru kata kunci yang digarap oleh kompetitor. dengan cara ini anda bisa mencari kata kunci yang sering digunakan dan membuat konten yang lebih bagus dari pesaing anda.

Analisa Kata Kunci

Setelah mendapatkan kata kunci yang anda incar. Selanjutnya, tugas anda adalah menganalisa kata kunci tersebut. Beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih kata kunci yang tepat adalah

1. Volume keyword

Popularitas suatu kata kunci dinilai dari seberapa banyak volume atau jumlah pencarian keyword tersebut dalam satu bulan. Biasanya semakin besar volumenya semakin sulit pula persaingannya. Tools yang biasa digunakan untuk analisa keyword adalah Google Keyword Planner

2. Tingkat Kesulitan Keyword

Bagi Pemula, sebaiknya carilah kata kunci yang tingkat persaingannya yang kecil agar situs anda bisa cepat berada dalam halaman satu pencarian google. tools untuk memeriksa tingkat kesulitan kata kunci adalah Google Keyword Planner.

3. Keyword Pendek VS Keyword Panjang
  • Short tail keyword : Volume pencarian besar, tetapi persaingan susah
  • Long tail keyword : Volume pencarian kecil, tetapi persaingan gampang.

Pertanyaannya, anda harus pilih yang mana ?

Anda bisa memilih keduanya, buatlah konten untuk keyword pendek dan kemudian buat konten yang lebih banyak untuk keyword panjang yang persaingannya lebih rendah.

Demikinalah pembahasan mengenai analisa keyword, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Terima kasih dan tetap semangat belajar SEO ya guys!!

Baca Juga : Panduan Membuat Artikel yang Bagus dan Menarik Bagi Pemula

Comments are closed.