Algoritma Google Terbaru 2022

Google selalu mengupdate Algoritmanya dari waktu ke waktu. Yang mana dulunya google melakukan major update setiap 6 bulan sekali. Tetapi sekarang ini Google sering melakukan update setiap bulan atau bahkan 2 minggu sekali.

Bagi siapapun yang benar-benar serius dalam mengerjakan optimasi SEO, maka update Algoritma adalah wajib untuk diperhatikan. Google sendiri sering mengumumkan perubahan alogaritma besar jauh sebelum terjadi perubahan tersebut. Tujuan Google melakukan hal tersebut adalah untuk mendorong pemilik situs segera menyesuaikan dengan perubahan yang akan terjadi nantinya.

Update Alogaritma Ranking 22 Oktober 2022

Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah mulai melakukan Update alogaritma Ranking sejak tanggal 22 Oktober 2022 lalu. Pada update kali ini banyak website terkena dampak negatif dengan alogaritme tersebut, termasuk juga website yang menggunakan white hat.

Ada kemungkinan mereka terkena dampak efek sementara saja. Biasanya memang website akan terkena goyangan besar pada awal-awal Google mengupdate alogaritma mereka. Tetapi ini akan bounce balik sekitar waktu 1 sampai 2 minggu. Sehingga tidak perlu panik yang berlebihan, lalu mengoptimasi secara berlebihan.

Update Algoritma Spam 19-21 Oktober 2022

Untuk update algoritma spam ini tergolong minor dan tidak menyebabkan fluktuatif dalam tingkat beasr di pencarian google. Jadi untuk para pemilik website tidak perlu khawatir bagi yang sering dan rutin melakukan optimasi.

Update Tidak Terkonfirmasi 13 Oktober 2022

Terdapat banyak pelaksana SEO yang menginformasikan di forum bahwa mereka mengalami penurunan walaupun tidak begitu signifikan. Oleh karena hal tersebut banyak yang mengambil kesimpulan bahwa tanggal 13 oktober lalu Google melaklukan update algoritma secara major.

Dari halaman Semrush bisa terlihat bahwa fluktuasu SERP pada tanggal 13 Oktober tercatat di nilai 6.0

Algoritma Google Terbaru 2022

Nilai fluktuatif saat ini masih relatif normal dan biasanya website yang terkena fluktuasi akan kembali ke posisi seperti semula sampai 2 minggu. terkecuali ada pesaing baru yang mampun mempertahankan posisinya selama masa update ini.

Masih belum jelas di karenakan faktor apa yang menjadi penilaian google tentang update kali ini, Jadi tidak di rekomendisikan untuk melakukan perubahan apapun.

Update Algoritma Inti 13 September 2022

Belum terdapat banyak informasi, karena ini merupakan update terbaru. Jadi mungkin ada beberapa dari kalian yang mengalami penuruan performa selama seminggu atau 2 minggu ke depan. Hal yang terbaik adalah tetap melalukan Rutinitas optimasi

Baca Juga: artikel tentang Game online

Helpful Content

Update google Tentang Helful Content di rilis pada tanggal: 25 Agustus 2022 – 9 September 2022

Tujuannya adalah Konten yang berkualitas dan memberikan solusi untuk para pengguna Google.

Cara kerjanya: Algoritma Helpful content di rancang untuk menemukan konten yang tidak berkualitas yang tidak bisa memberikan informasi / solusi kepada para pengguna Google. Efek buruknya dari update algoritma helpful content adalah bersifat sitewide. Dimana Artinya berarti halaman yang tidak sesuai kriteria helpful content maka berpotensi “ditandai” oleh Google. Sehingga kedepannya akan sulit optimasi pada konten-konten lainnya.

Dari berita buruk diatas, masih ada efek lainnya yaitu Google menambahkan lagi adanya masa validasi. Jadi kalau pada halaman website anda ada yang mengalami efek dari algoritma tersebut, dan anda melakukan perbaikkan, namun hasil dari perbaikkan tersebut butuh waktu. Tentu saja perbaikkan tersebut tidak akan langsung terlihat pada crawl google berikutnya. Google mengatakan akan ada masa validasi untuk memastikan bahwa content anda benar-benar bermanfaat atau informasi yang tepat kepada pengguna google.

Terdapat isu di komunitas SEO yang mengatakan bahwa update algoritma helpful content ini bertujuan untuk meringankan sisi pengindeksan Google. Hal ini terjadi karena selama beberapa bulan terakhir pengindeksan Google sulit di lakukan.

Apa Yang Mesti Kita Lakukan Saat Google Melakukan Update Algoritma?

Banyak sekali Halaman website yang terkena dampak pada setiap waktu Google melakukan update algoritma. Menurut pengalaman saya adalah “jangan panik dan jangan melakukan apapun”. Jangan sampai anda menjadi panik, sehingga mengoptimasikan berlebihan yang justru hal tersebut akan makin memberikan dampak buruk.

Tetapi biasanya efek tersebut hanya selama 1 minggu atau 2 minggu, setelah akan kembali normal. Anda hanya boleh merencanakan perbaikkan jika sudah hampir 2 minggu dan ternyata peringkat halaman situs anda tidak ada mengalami kenaikkan.

Beberapa perbaikkan yang dilakukan tergantung dari algoritma apa yang di update oleh pihak Google. Ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu tentang algoritma google yang baru sebelum anda melakukan perbaikkan.

Anda juga bisa mempelajari dari situs halaman yang ranking pertama google setelah update algoritma terbaru tersebut. Dari hal tersebut anda dapat mengamati beberapa hal sebagai berikut ini :

  • Panjang konten
  • Kelengkapan Konten
  • Variasi konten (gambar dan video)
  • Jumlah link dalam halaman
  • Usia Situs tersebut
  • Kecepatan situs
  • Jumlah backlink dan reffering domain yang terdapat pada situs tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *