5 Perbedaan WordPress.org VS Blogger

5 Perbedaan WordPress.org VS Blogger

Blogger VS WordPress

Ketika anda ingin membuat sebuah website terutama yang berupa blog, anda kan mendengar orang-orang di Internet yang membandingkan-bandingkan antara WordPress.com dan Blogger. Hal ini tentu membuat orang menjadi binggung harus menggunakan yang mana.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform.

Self Hosted VS Hosted

layanan Self Hosted itu bisa diibaratkan rumah yang sepunuhnya milik anda sendiri diatas tanah anda sendiri. sedangkan hosted itu seperti apartemen. Tanah buka milik anda tetapi ada unit yang merupakan miliki anda. WordPress.org termasuk Self Hosted, sedangakan Blogger itu Hosted.

Popularitas

WordPress saat ini berada di ranking 1 sebagai CMS yang paling populer dengan persentase pasar sebesar 39% dari seluruh penyedia CMS. Untuk Blogger sendiri berada di peringkat ke 4 dengan persentase 1%

Kemudahan untuk dibuat

Untuk Blogger merupakan yang paling mudah dibuat karena anda hanya perlu mendaftarkan akun di websitenya masing-masing. Sedangkan untuk WordPress.org sedikit lebih sulit. Untuk membuat situs berbasis WordPress.org anda harus menyewa hosting dan domain kemudian melaukan instalasi.

Biaya Pembuatan

Anda tidak perlu biaya sama sekali untuk membuat akun di blogger. meskipun ada batasan storage, nantinya anda dapat membayar bulanan untuk meningkatkan kapasitas. Berbeda untuk WordPress.org anda butuh biaya hosting dan domain.

Fitur yang tersedia

jika dilihat dari fitur dasarnya, dua-duanya setara, namun blogger punya kelemahan seperti 1 halaman hnaya bisa berukuran 1 MB. jadi anda tidak bsa membuat 1 halaman berisi banyak gambar. sedangkan di WordPress.org, ada ratus plugin yang bisa anda manfaatkan secara gratis.

Selain itu ada juga beberapa mitos yang beredar yang sebenarnya tidak benar mengenai WordPres.org dan Blogger seperti dibawah ini.

  • WordPress hanya untuk orang yang berpengalaman
  • Blogger jauh lebih aman daripada WordPress.
  • WordPress.org sering down atau tidak bisa diakses
  • WordPress.org sering error
  • Hanya pengguna WordPress.org yang bisa sukses

nah, itulah beberapa perbandingan antara WordPress.org dengan Blogger. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih dan tetap semangat belajar SEO ya guys!!

Baca juga : Tutorial menggunakan WordPress bagi Pemula

Comments are closed.