20 Pertanyaan yang sering ditanya tentang SEO

20 Pertanyaan yang Sering Ditanya Tentang SEO

20 pertanyaan yang sering ditanyakan tentang SEO

Ketika anda baru mengenal SEO, pasti banyak hal yang membuat anda bingung. Akan muncul banyak perntanyaan di kepala anda. oleh karena itu pada pembahasan kali ini, kita akan menjawab 20 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang mengenai SEO.

1. Saya sudah melalukan On Page SEO, kenapa ranknya belum naik ?

Sebenarnya, itu wajar karena teknik On Page SEO bukan untuk meningkatkan ranking tetapi untuk mempersiapkan website anda supaya bisa mendapatkan ranking yang bagus.

2. Off Page SEO sudah diterapkan, Mengapa ranking masih belum naik ?

Ada 2 sebab,

  • Pertama : Off Page SEO yang anda lakukan belum tepat atau masih kalah saing dengan web lain,
  • Kedua : Hasilnya tidak instan. Google membutuhkan waktu selama beberapa hari-minggu untuk mengupdate index mereka.
3. Mana yang lebih penting, On Page SEO atau Off Page SEO ?

Tidak ada, karena dua-duanya sama penting dan harus dilakukan supaya SEO anda optimal.

4. Kenapa saat saya mencari kata kunci target di google, website saya tidak muncul ?

Penyebabnya bisa bermacam-macam,

  • Bisa jadi karena halaman/konten yang anda buat masih baru.
  • Setelah konten diterbitkan anda sama sekali tidak melalukan apapun. setiap konten yang diterbitkan harus dipromosikan.
  • Kualitas kalah dibandingkan yang saat ini menempati peringkat atas. serta kempat mungkin saja website anda terkena penalti.
5. WordPress atau Blogger, mana yang lebih bagus untuk SEO ?

Dua-duanya sama bagusnya. SEO bukan ditentukan dari fitur-fitur platform yang digunakan melainkan dari konten yang anda sediakan.

6. Keyword yang saya targetkan ternyata persaingannya berat, apa yang sebaiknya saya lakukan ?

Hanya ada 2 pilihan yaitu Kabur atau Hadapi. Semuanya kembali lagi kepada anda. Pertimbangkan juga kemampuan, waktu dan buget anda. Persaingan yang berat bukan berarti tidak bsia ditembus oleh pendatang baru. Sediakan konten yang jauh lebih bagus daripada mereka, dan lakukan pemasaran yang lebih agresif. kalau berhasil tinggal waktu yang akan menjawabnya. Namun, jika tidak sanggup bersaing sebaiknya tinggalkan keyword tersebut sehingga waktu anda tidak terbuang sia-sia.

7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai peringkat 1 di pencarian google ?

Tergantung, Untuk keyword yang mudah, website yang sudah memiliki reputasi bisa langung peringkat 1 dalam hitungan hari. Tapi website baru dengan persaingan tinggi bisa butuh waktu hingga lebih dari sebulan.

8. Peringkat saya di Google naik turun, apa sebanya ?

Wajar saja, karena normalnya website di hasil pencarian tiap hari akan naik turun sekitar 0-3 posisi. Tidak ada yang perlu di khawatirkan.

9. Sudah ranking 1 di google tapi kenapa masih sepi pengunjugnnya ?

Ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi,

  • Pertama, karena google personalized search. Sehingga website anda mendapatkan peringkat 1 hanya dikomputer anda sendiri.
  • Kedua, keyword tersebut tidak ada yang cari.
10. Apakah sharing ke social media bisa meningkatkan ranking ?

Tidak, google tidak memiliki kemampuan untuk membaca sinyal berupa like, share, tweet, follow, vote, dll yang berasal dari social media. Selain itu link di social media bersifat no follow.

11. Jika social share tidak mempengaruhi ranking apakah percuman menggunakan social media ?

Tidak juga, sebaliknya social media merupakan tempat terbaik bagi website baru untuk mendapatkan pengunjung dengan cepat dan pada akhirnya akan meningkat traffic website yang berujung meningkatkan peringkat website. Meskipun tidak berdampak langsung tetapi manfaat sangat tinggi.

12. Apakah tags dan categories di WordPress bisa meningkatkan rangking ?

Tidak, tags dan categories hanya bertujuan untuk mempermudah navigasi pengunjung. tetapi sering disalah gunakan. misalnya dengan menumpuk keyword-keyword di tags. dengna harapan bisa mendapatkan rangking yang bagus dalam berbagai keyword.

13. Mana yang lebih penting, backlink atau konten ?

Sayangnya, keduanya sangat penting. Meskipun mungkin dalam algoritma google ada salah satu yang prioritasnya lebih tinggi. tapi kedua hal ini adalah tulang punggung dari SEO. tanpa keduanya tidak mungkin website anda bisa mendapatkan peringkat 1 di google.

14. Apakah backlink nofollow bisa menaikan rangking website saya ?

Tidak, karena fungsi backlink no follow adalah memberitahu google supaya link tersebut tidak mempergaruhi rankingnya. tapi bukan berarti percuma kalau memang backlink dari website populer seperti wikipedia, meskipun no follow link tersebut akan membuat banyak orang datang ke website anda. Link berkualitas tetaplah link berkualitas meskipun nofollow.

15. Berapa banyak link yang diperbolehkan dalam 1 halaman ?

Tidak dibatasi, asalkan link tersebut memang dibutuhkan oleh pengunjung. Kalau jumlahnya berlebihan, tidak dibutuhkan dan reputasinya rendah maka bisa berbahaya untuk website anda sendiri.

16. Ada yang menawarkan jasa backlik berkualitas, mereka memberikan backlink dengan harga murah. apakah ini bagus ?

Tidak bagus sama sekali. Bahkan dikalangan praktisi Black Hat SEO yang terbiasa jual beli backlink pun hal ini dianggap tidak bagus. memberikan ratusan-ribuan backlink = bunuh diri.

17. Bagaimana cara mendapatkan banyak backlink sekaligus ?

Saya perlu mengatakan bahwa anda sebaiknya tidak mencoba memasang banyak backlink sekaligus, apalagi yang sifatnya spam. karena bisa berakibat penalti.

18. Apakah link dari PBN ( Private Blog Network ) bagus untuk meningkatkan ranking ?

Tergantung. Jika bertanya pada praktisi Black Hat SEO, mereka akan bilang bagus. PBN merupakan Black Hat SEO yang paling rendah resikonya. ini karena blog-blog dalam PBN tersebut bisa dibuat agar tidak mengandung footprint atau jejak sehingga google tidak sadar bahwa semuanya dimiliki oleh satu orang.

19. Backlink seperti apa yang terbaik untuk SEO ?
  • Topiknya relevan dengan website anda.
  • Berasal dari webiste yang pengunjungnya ramai dan aktif
  • Berasal dari webiste yang masih aktif
  • Bukan dari website yang hanya berisi 1-2 konten
  • Tidak langsung muncul begitu saja karena harus diseleksi dulu oleh pemilik website.
  • Berada di dalam kalimat/paragraf/artikel
20. Apakah bold, italic, underline, h1 hingga h6 dalam artikel penting ujtuk SEO ?

Untuk SEO, tidak penting. tapi, dengan menggunakan formating tersebut secara bijak maka artikel anda akan jadi leibh mudah untuk dinikmati oleh pembaca.

Nah, itu dia kurang lebih 20 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang – orang tentang SEO ?, Semoga artikle ini bisa membantu dan menjawab rasa penasaran anda. Terima kasih dan tetap semangat belajar SEO ya!!

Comments are closed.